CX Summit 2021
Bangkitkan dan Kembangkan Bisnis Anda
dengan Transformasi Customer Experience
Akhir tahun 2021 ini PT Telkom Indonesia kembali menyelenggarakan Customer Experience Summit 2021, dengan mengusung tema “Revive and Thrive Your Business by Transforming Customer Experience”.
Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai keynote speaker, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM. Selain itu, conference tersebut dihadiri juga oleh beberapa narasumber dari kalangan profesional dan industri.
CX Summit 2021 sendiri terselenggara berkat kerjasama antara PT Telkom dengan Indonesia Customer Experience Professional (ICXP), dengan fokus utama pembahasan berbagai aspek strategis peningkatan kualitas pengalaman pelanggan atau Customer Experience (CX).
Beberapa aspek bahasa yang dikedepankan adalah transformasi perusahaan menuju customer-centric, serta customer experience bagi perusahaan, industri UMKM (Usaha Kecil, Mikro dan Menengah), industri pariwisata dan ekonomi kreatif.
Ririek Adriansyah, selaku Direktur Utama Telkom, menjelaskan jika customer experience merupakan strategi diferensiasi terpenting yang harus dilakukan oleh seluruh pelaku bisnis sebagai upaya untuk bisa bertahan dalam persaingan industri di era Experience Economy.
Hal inilah yang kemudian membuat Telkom secara khusus terus berupaya menghidupkan CX yang baik. Selain itu, Telkom berkomitmen dan terus berupaya untuk terus meningkatkan, sekaligus mengembangkan ekosistem dan kapabilitas digital untuk membangun kedaulatan digital bangsa.
Hal ini dilakukan untuk membantu pembangunan negara yang lebih kuat, sekaligus meraih berbagai peluang baru di berbagai sektor industri di seluruh Indonesia.
Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno menceritakan dampak pandemi Covid-19 pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kondisi ini terlihat jelas dari penurunan tren konsumsi dan tren wisata, baik itu domestik dan internasional.
“Pada saat pandemi, ada sektor yang menjadi pandemic winner, seperti fashion, kuliner dan griya khususnya bidang Parekraf yang terdigitalisasi kontribusi terhadap PDB-nya naik 7,5% dan bahkan Indonesia berada di tiga dunia dengan nilai kontribusi 1.100 triliun rupiah. Optimism for Revival of Tourism and Business in Indonesia Towards 2022.” ujar Sandiaga Uno..
Dengan adanya event ini, Sandiaga berharap CX Sumit 2021 dapat membantu pelaku wisata dan ekonomi kreatif agar mampu bertahan, dan mendapatkan ide-ide baru dalam menghadapi isu-isu CX dengan fokus kepada pengalaman pelanggan yang lebih baik.
Di sisi lain, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, secara khusus mengapresiasi dan mendukung ajang CX Summit 2021 tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Teten memaparkan data terkait dominasi UMKM terhadap PDB Nasional.
“Pelaku UMKM memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan dan pemulihan ekonomi nasional. Di tengah disrupsi karena pandemi dan disrupsi digital gelombang kedua, transformasi digital menjadi sangat penting bagi UMKM. Ekonomi digital Indonesia tumbuh sangat signifikan. Pada 2020, nilai ekonomi digital tercatat mencapai Rp 640 triliun. Angka ini diproyeksi meningkat 8 kali lipat menjadi Rp 4.351 triliun di 2030,” jelas Teten.
Menurut Data Kementerian Koperasi dan UKM, saat ini data UMKM di Indonesia mencapai 99,9% dari total pelaku usaha di Indonesia, dengan jumlah kontribusi mencapai 61% terhadap PDB nasional. Tidak hanya itu, sektor ini pun mampu menyerap tenaga kerja hingga 97 persen.
Sementara Helmy Yahya, Business Coach & Advisor ICXP, menanggapi pentingnya Customer Experience bagi kelangsungan sebuah bisnis. Pria yang juga dikenal presenter dan politikus Indonesia tersebut mewanti-wanti agar pelaku usaha jangan sampai memberikan CX yang buruk.
“Jangan sekali-sekali memberikan CX yang buruk bagi visitor karena they will never come back. Sebaik apapun tempatnya, kalau pengalaman pelanggannya buruk, dijamin mereka tidak akan kembali” jelas Helmy Yahya.
Source: https://cxsense.com/id/artikel/cx-summit-2021-bangkitkan-dan-kembangkan-bisnis-anda-dengan-transformasi-customer-experience-id